Pages

Selasa, 13 September 2011

Cara menerjemahkan Blog kedlm bahasa asing.

Google telah menyediakan Gadget yg mudah digunakan dalam blog,caranya ikuti langkah2 sbb:

1.Pertama mengakses situs http://translate.google.com/translate tools. 2.Kita harus memilih
2 pilihan yaitu : *"Add translation to the entire webpage" yaitu untuk menambah penerjemahan pada seluruh blog. *"Add translation to a section of the webpage"yaitu untuk menerjemahan gadget pada bagian tertentu saja pd blog. 3.Langkah selanjutnya memilih bahasa yg kita gunakan pd blog saat ini yaitu bahasa Indonesia.
4.Kemudianmengatur tampilan gadget Translator dgn menekan menu "Show Optimal Setting ",didalam menu tsb terdapat beberapa menu antara lain menu "All Languages" yaitu untuk menggunakan seluruh bahasa dan menu "Specific Languages" untuk mengatur pilihan bahasa terjemahan apa saja yg ingin ditampilkan. Menu lainnya yaitu menu "Display mode" ini dapat mengatur tampilan untuk gadget terjemahan bahasa dgn 3 pilihan tampilan yaitu : *"Mode Vertical" untuk tampilan gadget dgn logo Google Translate secara Vertical. *"Mode Horizontal" untuk tampilan gadget dgn logo bertata secara horizontal. *"Mode Dropdown Only" untuk tampilan hanya tombol drop-down saja yg muncul tanpa logo.
5. Menu yg paling penting yaitu menu Kode untuk blog kita,karena kode2 yg muncul pada jendela Kode akan sama untuk menampilkan gadget terjemahan bahasa sesuai dgn pengaturan pada jendela tersebut. Kemudian tekan tombol "Add to Blogger" yg ada disebelah kanan atas jendela kode,masukan email dan sandi akun Blogspot kita,akan muncul halaman untuk menambah elemen terjemahan. Didalam halaman tsb dijelaskan bahwa kita akan menambah gadget baru pada halaman blog dan meyakinkan kita untuk mempercayai Situs untuk gadget sebelum melangkah keproses selanjutnya.
6.Selanjutnya didalam halaman itu kita dapat mengatur "Judul" dan untuk meyakinkan lagi kita dapat memeriksa kode yg ada pada menu "Edit Konten",setelah yakin semuanya kita tekan tombol "Menambah Widget" dan akan muncul pemberitahuan bahwa "Translator telah ditambahkan kehalaman Anda" Kita dapat menemukan gadget tsb didalam halaman "Rancangan"
7.Terachir tekan tombol "Simpan" untuk menyimpan penambahan gadget baru.
8.Untuk melihat gadget terjemahan bahasa klik menu "Lihat Blog",tekan tombol drop-down untuk melihat pilihan bahasa yg sudah diatur sebelumnya. Salam..